advertisement

Waspadai ‘Smartphone Pinky’ Akibat Sering Chat Di Ponsel

By On Monday, January 25th, 2016 Categories : Gadget

[ads1]

PalingPopuler.Com mengabarkan : Waspadai ‘Smartphone Pinky’ Akibat Sering Chat di Ponsel – Jakarta – Berlama-lama chat memakai aplikasi instant messaging di ponsel memang tidak jarang membuat orang lupa diri. Bahkan banyak juga yg tak sadar mengalami ‘smartphone pinky’.

Namanya memang terdengar lucu dan unik, namun ‘smartphone pinky’ patut diwaspadai. Ini adalah istilah bagi menyebut cedera jari bengkok akibat terlalu tidak jarang memakai smartphone.

advertisement

Dikutip dari Sydney Morning Herald, Senin (25/1/2016), ‘smartphone pinky’ terjadi pada kelingking di tangan yg dominan memegang ponsel, dan umumnya terjadi pada orang yg kadang chat di ponsel setidaknya enam jam sehari.

“Meskipun kemungkinan seseorang mengalami jari bengkok secara permanen akibat penggunaan smartphone cukup kecil, namun penggunaan ponsel minimal enam jam sehari berisiko mempengaruhi jaringan lunak pada jari tangan yg mulai menbgubah bentuknya,” kata Dave Parsons dari Curtin University, Australia.

Dijelaskannya, jari kelingking bengkok disebabkan cara memegang smartphone yg umumnya menaruh sebagian besar beban smartphone pada jari terkecil ketika mengetik chat. Sementara, jari lainnya berada di sisi yg lebih minim beban.

advertisement

Menurut Parsons, cara termudah buat mencegah cedera kelingking bengkok akibat penggunaan ponsel adalah dengan mengurangi intensitas pemakaiannya.

Laporan yang lain yg dilansir jurnal ilmiah dan kesehatan The Lancet menyebutkan pula cedera akibat smartphone yg disebut ‘WhatsAppitis’. Penamaan ini merujuk pada seorang wanita berusia 34 tahun yang berasal Spanyol yg mengalami sakit pada pergelangan tangan akibat terlalu kadang mengobrol via WhatsApp.

“Dia memegang ponselnya setidaknya enam jam dan tak berhenti memakai kedua jari tangan bagi mengetik dan mengirim pesan,” kata dokter yang berasal Spanyol Ines M Fernandez-Guerrero

Posisi memegang smartphone yg menekuk pergelangan tangan dalam waktu lama, membuat wanita tersebut terbangun di suatu pagi dengan rasa nyeri di bagian pergelangan tangan. Itu sebabnya dokter menyebutnya ‘WhatsAppitis’. (rns/asj)

Sumber: http://inet.detik.com
[ads2]

Terima kasih Anda telah membaca informasi tentang Waspadai ‘Smartphone Pinky’ Akibat Sering Chat di Ponsel, simak informasi menarik lainnya hanya di PalingPopuler.Com.

Pencarian Terkini :

Waspadai ‘Smartphone Pinky’ Akibat Sering Chat Di Ponsel | Admin | 4.5