advertisement

Garpu Pintar Ini Bisa Membuat Makanan Jadi Lebih Enak

By On Monday, January 25th, 2016 Categories : Gadget

[ads1]

PalingPopuler.Com mengabarkan : Garpu Pintar Ini Bisa Membuat Makanan Jadi Lebih Enak – Jakarta – Rasa makanan yg sedap kini bukan cuma dari bahan dan bumbu makanan. Lewat aliran listrik, perubahan rasa mampu terjadi dalam waktu sekejap.

Hiromi Nakamura, seorang doktor peneliti di Meiji University membuktikan hal ini. Ia pun membuat sebuah garpu elektrik yg dapat mengubah rasa makanan.

advertisement

Selain mampu membuat makanan semakin enak, teknologi ini juga dapat membantu banyak orang yg sedang berdiet, dan orang dengan tekanan darah rendah atau darah tinggi.

Mereka tetap menikmati makanan enak walaupun sebenarnya makanan mereka disesuaikan dengan aturan diet. Tegangan listrik pada garpu elektrik ini juga kecil sehingga tidak berbahaya.

Seorang reporter dari Munchies bernama Simon Klose akhirnya coba garpu ini. “Saat pertama kali mendengarnya, aku pikir ini mulai menakutkan,” jelasnya. Dan ia pun coba sepotong ayam goreng yg sudah disediakan.

advertisement

“Rasanya seperti berdesis, mirip kandungan soda di dalam minuman berkarbonasi. Ayam ini pun jadi terasa berkarbonasi. Dan rasa ayamnya juga jadi gurih,” komentarnya.

Ide ini muncul ketika Hiromi Nakamura melakukan eksperimen di Computer Human Interaction Conference di Austin, Texas, pada tahun 2012. Ia dan timnya menyambungkan sebuah kawat dengan baterai 9 volt lewat sebuah sedotan yg dicelupkan pada gelas berisi jus limun.

Seorang sukarelawan juga coba jus limun ini. Menurutnya, rasa limun ini jadi jauh lebih ringan dan ini terjadi karena peran listrik tersebut.

Ide ini kemudian berkembang dan Nakamura bersama Profesor Homei Miyashita menyebutnya ‘Augmented Gustation’. Ia pun berhasil mentransfer aliran listrik pada garpu dan sumpit. Cara kerjanya juga tergantung pada makanan.

“Ketika makanan tersebut ditaruh di dalam mulut, alat ini bekerja. Dan saat diambil dari mulut, alat ini otomatis berhenti dengan sendirinya,” tutur Nakamura seperti dilansir Odditycentral (22/10).

Nakamura juga menjelaskan bahwa aliran listrik yg mengubah rasa ini sudah ada sejak 250 tahun yg lalu. Seorang pria bernama Sulzer yg menemukannya. Sulzer menaruh beberapa bahan metalik berbeda di atas lidahnya dan ia merasakan sentuhan rasa listrik.

Karena penelitian ini, tiga sampai empat tahun belakangan Nakamura terus makan makanan dengan aliran listrik ini. Sampai sekarang, perempuan ini masih meneliti kemungkinan aliran listrik pada benda lain.

Bahkan ia sampai terpikir seandainya suatu ketika orang dapat mengoperasikan komputer dengan lidah! Sayangnya, Nakamura dengan tim juga belum memikirkan bagi memproduksi garpu ini secara massal.

“Jika jika aliran listrik tersebut mampu membuat kami mengoperasikan komputer, maka sebuah rasa pun dapat diunggah ke dalam YouTube atau Soundcloud. Mungkin namanya nanti mulai jadi Tastecloud.

Orang mulai dapat mendesain sebuah rasa sesuai keinginan. Sepertinya, hal ini mulai semakin memudahkan pekerja ibu rumah tangga dan seorang chef. (tan/asj)

Sumber: http://inet.detik.com
[ads2]

Terima kasih Anda telah membaca informasi tentang Garpu Pintar Ini Bisa Membuat Makanan Jadi Lebih Enak, simak informasi menarik lainnya hanya di PalingPopuler.Com.

Related Post :

Makanan Pertama Bayi 6 Bulan Persiapan TipsBayi Com
Reglette Signature Healthy Living
Mengenalkan MPASI Setelah Bayi Berusia 6 Bulan TipsBayi
Pampis Ikan Tongkol Super Pedas Just Try Taste
Garpu Pintar Ini Bisa Membuat Makanan Jadi Lebih Enak | Admin | 4.5