advertisement

Fujifilm XE-2S: Pembaruan Tanpa Ganti Tampang

By On Friday, January 22nd, 2016 Categories : Gadget

[ads1]
Fujifilm XE-2S: Pembaruan Tanpa Ganti Tampang – Jakarta – Selain Fujifilm X-PRO2 dan X70, Fujifilm juga mengumumkan kamera dengan seri XE-2S. Kamera ini adalah perbaharuan dari Fujifilm XE-2. Tapi bedanya dengan X-PRO2, XE-2S tak memberikan peningkatan secara hardware.

Misalnya image sensor yg digunakan masih sama merupakan 16MP, layar LCD 3 inch dengan resolusi 1 juta titik, dan desain bodi gaya kamera rangefinder yg ringkas.

Peningkatan XE-2S yg paling signifikan merupakan di sistem autofokus baru hybrid dengan 77 titik deteksi fasa, setara dengan kamera Fuji X lainnya seperti X-T10. Fuji juga mengklaim kecepatan autofocus buat subjek tak bergerak juga lebih cepat, mencapai 0,06 detik di keadaan ideal dibandingkan 0,08 di kamera Fuji XE-2.

advertisement

Tambahan yang lain yg lumayan bagus adalah pilihan mengunakan shutter elektronik, sehingga maksimum shutter bisa mencapai 1/32000 detik, tanpa bersuara. Tapi kekurangannya adalah ada potensi terjadi rolling shutter, dimana objek foto yg bergerak kelihatan miring.

Fuji juga menyadari bahwa pengguna kamera ini mungkin tak memahami fotografi, maka disediakan juga tombol Auto yg posisinya diletakkan di sebelah kiri belakang kamera.

Yang menarik dari Fuji XE-2S adalah harga jualnya yg dipatok di USD 699 atau USD 999 dengan lensa Fuji 18-55mm f/2.8-4. Harga ini jauh lebih murah dari Fuji XE-2 yg ketika diumumkan tahun 2013 yg dulu di angka USD 999.

advertisement

Supaya pemilik kamera Fujifilm XE-2 tak terlalu kecewa karena sudah membeli kamera dengan harga yg agak tinggi, Fuji mulai menyediakan pembaharuan firmware baru awal bulan Februari 2016 yg mulai memasukkan sebagian besar fitur-fitur yg terdapat di Fuji XE-2S.

Pada dasarnya Fuji XE-2S mirip sekali dengan XE-2, tetapi diluncurkan kembali dengan perbaharuan software. Bagi pengguna yg telah mengunakan XE-2 tak mulai merasakan perubahan signifikan di XE-2S terutama setelah melakukan firmware update.

Tetapi untuk yg ketika ini memakai Fujifilm XE-1 atau fotografer yg menyukai kamera yg ringkas dengan bentuk yg simple, maka Fujifilm XE-2 yaitu pilihan yg cukup menarik dengan harga yg tak setinggi Fujifilm X-PRO2.

*) Penulis: Enche Tjin adalah pendiriInfofotografi.com, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer.
Mau konsultasi berbagai hal seputar fotografi? Kirim saja pertanyaan ke Klinik ITdetikINETdilink berikut. (ash/ash)

Sumber: http://inet.detik.com
[ads2]

Pencarian Terkini :

Fujifilm XE-2S: Pembaruan Tanpa Ganti Tampang | Admin | 4.5