advertisement

Cara Membuat Barcode di Android Mudah

By On Tuesday, February 28th, 2017 Categories : Gadget

PalingPopuler.Com mengabarkan tentang Cara Membuat Barcode di Android Mudah.

Cara Membuat Barcode di Android Mudah

Cara Membuat Barcode di Android Mudah – Barcode atau bisa disebut juga dengan QR Code merupakan sebuah kumpulan dari data optik yang bisa dibaca oleh mesin. Barcode sendiri terbagi menjadi 2 jenis yaitu barcode 1 dimensi (1D) dan barcode 2 dimensi (2D). Untuk membedakan antara barcode 1D dengan 2D sangat mudah, jika 1D barcode memiliki bentuk garis-garis vertikal dengan lebar yang berbeda setiap barisnya dan barcode 2D memiliki bentuk kotak dengan titik-titik didalam kotak. Kelebihan barcode 2D dibanding 1D adalah kemampuannya dalam menyimpan informasi yang lebih banyak dan lengkap.

advertisement

Kembali membahas mengenai barcode, sekarang ini untuk  bisa membuat barcode tidak perlu lagi menggunakan komputer atau laptop. Sekarang di smartphone android sudah bisa digunakan untuk membuat barcode dengan cara yang cukup mudah. Apalagi ditunjang dengan perkembangan kamera dari smartphone android yang begitu pesat. Kamera smartphone android ini berfungsi sebagai reader atau pembaca dari barcode yang akan dibaca.


Untuk bisa membuat barcode ini anda diharuskan terlebih dahulu untuk mendownload aplikasi
Barcode Generator dari Google Play Store, sebenarnya masih ada aplikasi barcode sejenis lain tetapi saya menyarankan yang terbaik adalah aplikasi Barcode Generator. Aplikasi yang dikembangkan oleh Aeiou ini bisa anda download secara gratis dan juga aplikasi ini ringan untuk dijalankan dan memiliki ukuran yang relatif kecil serta tidak perlu membutuhkan smartphone android yang memiliki spesifikasi kelas tinggi.

advertisement

Nah untuk bisa membuat barcode di android, anda bisa mengikuti beberapa langkah-langkahnya dibawah ini :

  1. Download dulu aplikasinya di Google Play Store dengan kata kunci Barcode Generator atau bisa download disini.
  2. Setelah download jangan lupa untuk install aplikasi dan selanjutnya buka aplikasinya.
  3. Setelah itu akan ada 2 pilihan menu yaitu Scan Code dan Add, untuk membuat barcode silahkan anda pilih menu Add dibagian bawah.

    tampilan awal aplikasi barcode generate

    tampilan awal aplikasi barcode generate

  4. Kemudian anda akan dipilihkan beberapa macam barcode seperti QR Code, PDF 417, Aztec Code, ITF, Data Matrix serta EAN-8.

    jenis-jenis barcode

    jenis-jenis barcode

  5. Pilih saja QR Code yang letaknya paling atas sendiri.
  6. Kemudian akan ada pilihan untuk memasukan Text, URL, E-mail, No Handphone dan SMS kedalam barcode yang akan anda buat.

    menu isian pada barcode

    menu isian pada barcode

  7. Pilihlah sesuai kebutuhan apa yang akan anda masukan, contohnya disini saya akan memasukan URL website.
  8. Nah setelah dimasukan nanti akan digenerate secara otomatis menjadi barcode 2D.

    hasil dari barcode generate

    hasil dari barcode generate

  9. Selamat anda berhasil.

Bagaimana? mudah bukan cara membuat barcode di android. Perlu diketahui jika anda ingin membuat barcode maka downloadlah aplikasi generate barcode, karena ada juga aplikasi barcode sejenis yang hanya bisa digunakan untuk membaca barcode saja. Selain itu jika smartphone android anda sudah bagus maka kameranya sudah bisa membaca barcode, jadi tidak perlu lagi install aplikasi barcode reader.

Selamat mencobanya semoga berhasil.


Cara Membuat Barcode di Android Mudah
Baca di Sumber Artikel.

Cara Membuat Barcode di Android Mudah | | 4.5