advertisement

Bahaya Cas HP di Mobil dan Akibatnya

By On Tuesday, November 1st, 2016 Categories : Gadget

PalingPopuler.Com mengabarkan tentang Bahaya Cas HP di Mobil dan Akibatnya.

Bahaya Cas HP di Mobil dan Akibatnya

Bahaya Cas HP di Mobil dan Akibatnya – Pernahkah Anda mengisi baterai di mobil? Tahukah Anda betapa bahaya cas Hp di mobil itu? Di era yang serba teknologi ini, penggunaan handphone atau yang lebih sering disebut Hp semakin meningkat.

advertisement

Dengan meningkatnya penggunaan Hp setiap hari, semakin besar pula risiko kehabisan baterai yang menjadi power supply Hp tersebut. Namun kini, ada beragam cara untuk menyuplai batrei pada Hp masa kini, salah satunya adalah dengan mencharge atau mencas Hp di mobil.

bahaya-cas-hp-di-mobil

Proses pengisian baterai Hp di mobil memang cukup praktis dilakukan. Mengingat mobilitas masyarakat kini banyak dihabiskan diperjalanan, sehingga tidak menutup kemungkinan jika Hp seringkali mengalami lowbatt (kehabisan baterai) dijalan.

advertisement

Untuk mengatasi kondisi Hp lowbatt, tidak sedikit orang yang akhirnya mengisi baterai melalui power output yang berasal dari Lighter atau lubang pemantik api di mobil. Padahal, pengisian baterai Hp di mobil ini memiliki dampak buruk pada perangkat Hp tersebut.

Dampak buruk ini terjadi pada masa penggunaan baterai Hp yang akan berkurang. Berkurangnya masa penggunaan baterai Hp ini disebabkan oleh kurang stabilnya tegangan listrik pada mobil. Tegangan listrik yang kurang stabil ini juga akan mempengaruhi turun naiknya putaran mesin.


Tidak hanya itu, tegangan listrik mobil yang tidak stabil juga memungkinkan sistem kelistrikan mobil yang menyuplai arus listrik ke lampu, audio, dan AC akan mengalami gangguan. Ini tentu saja akan mempengaruhi juga pada tegangan output pada alternator.

Inilah yang kemudian menjadi satu penyebab bahaya cas Hp di mobil. Tegangan output mobil yang terganggu membuat baterai Hp akan mengalami konsleting, sehingga akan mengurangi masa pemakaian.

Dampak buruk lain yang juga bisa terjadi pada baterai yang dicas di mobil adalah pengembungan baterai saat pengisian. Hal ini dapat membahayakan mobil beserta pengemudi didalamnya, karena pengembungan baterai dapat menyebabkan ledakan.

Melihat begitu bahayanya mengisi baterai Hp di mobil, Anda patut waspada. Usahakan kondisi baterai Hp selalu terisi sebelum melakukan perjalanan. Jika keadaan mendesak dan terpaksa harus melakukan pengisian baterai didalam mobil, Anda harus memperhatikan beberapa hal.

  1. Jauhkan Hp yang sedang dicas dimobil dari benda-benda yang mudah terbakar, seperti tisu, kain, kertas, busa, atau benda lainnya.
  2. Gunakan baterai dan charger Hp yang berkualitas pada saat mencharge. Ada baiknya Anda gunakan baterai dan charger original sesuai standar Hp yang Anda gunakan.
  3. Pastikan Hp dalam suhu normal ketika dicas. Bila suhu Hp atau baterai panas, segera hentikan pengisian baterai.
  4. Jangan menggunakan Hp pada saat pengisian baterai. Hindari juga menerima atau melakukan panggilan pada saat pengisian baterai.
  5. Simpan Hp ditempat yang tidak terkena sinar matahari langsung atau sumber panas yang berlebihan.

Itulah pembahasn mengenai Bahaya Cas HP di Mobil yang bisa disampaikan, semoga bermanfaat.


Bahaya Cas HP di Mobil dan Akibatnya
Baca di Sumber Artikel.

Bahaya Cas HP di Mobil dan Akibatnya | Admin | 4.5