advertisement

Apa Perbedaan OS Windows 32 bit dan 64 bit? Ini Dia!

By On Sunday, February 19th, 2017 Categories : Gadget

PalingPopuler.Com mengabarkan tentang Apa Perbedaan OS Windows 32 bit dan 64 bit? Ini Dia!.

Apa Perbedaan OS Windows 32 bit dan 64 bit? Ini Dia!

Apa Perbedaan OS Windows 32 bit dan 64 bit – Di zaman yang serba canggih dan modern ini membuat semua orang membutuhkan yang namanya komputer. Sampai-sampai saat ini komputer menjadi kebutuhan wajib yang harus ada terutama untuk kalangan pelajar, mahasiswa dan para pekerja. Ditambah lagi zaman serba online sekarang ini semua komputer sudah terintegrasi dengan jaringan internet. Memang keguunaan komputer ini adalah saah satu alat yang multifungsi sehingga komputer ini sangat membantu bagi semua pemakainnya.

Windows 10

advertisement

Windows 10

Tetapi jika komputer tersebut tidak di install dengan sistem operasi atau bisa juga disebut dengan OS maka akan sia-sia dan tidak bermanfaat. Karena dengan OS lah komputer bisa digunakan dan bermanfaat untuk semua kegiatan. OS pada komputer memang ada banyak jenisnya seperti Windows, Linux, Mac, DOS serta lain sebagainya. Tetapi dari kesemua itu yang paling banyak penggunanya adalah OS Windows.

advertisement


Di OS Windows sendiri masih dibagi lagi dengan Windows 32 bit dan 64 bit. Bagi orang awam pastinya akan kesusahan untuk membedakannya. Jika dilihat secara kasat mata maka akan sulit untuk mengetahuinya. Yang paling terasa adalah perbedaan masalah performanya, jika anda menggunakan windows 32 bit maka performanya akan kalah dengan windows 64 bit. Tetapi untuk windows 64 bit hanya bisa digunakan untuk komputer atau laptop keluaran terbaru dengan spek yang lumayan tinggi. Nah daripada bingung langsung saja kita bahas perbedaan 32 bit dan 64 bit :

Perbedaan OS Windows 32 bit dan 64 bit

  1. Jumlah RAM yang dipakai

    Jumlah ram

    Jumlah ram

Perbedaanya ada pada batas maksimal RAM yang dipakai. Jika windows 32 hanya bisa menggunakan RAM maksimal 4GB saja, jika anda memaksakan untuk menggunakan lebih tinggi lagi maka yang akan terbaca tetap sama yaitu 4GB. Ini terjadi karena arsitektur prosesor 32 bit berbeda dengan 64 bit. Kebalikannya dengan 32 bit, windows 64 bit dapat dipasangi RAM lebih dari 4GB sehingga dalam segi performa lebih unggul.

  1. Performa yang dihasilkan

Untuk performa windows 32 bit berada dibawah windows 64 bit. Maka windows 32 bit ini hanya cocok untuk pekerjaan ringan saja, tetapi untuk windows 64 bit bisa digunakan untuk pekerjaan yang berat seperti gaming, editing video, desain grafis dan pekerjaan lainnya.

  1. Kemampuan saat proses data

    Prosesing data

    Prosesing data

Untuk kemampuannya windows 32 bit hanya bisa membaca data 32 bit dalam satu putaran dan windows 64 bit bisa membaca 2kalinya lipatnya sehingga performanya 1 dibanding 2 dalam hal prosesing data.

  1. Kompatibel dengan software

    Software kompatibel

    Software kompatibel

Jika windows 32 bit tidak akan bisa menggunakan software yang berjalan di windows 64 bit. Tetapi untuk windows 64 bit bisa menggunakan software 32 bit ataupun 64 bit.

Bagaimana sudah paham kan Perbedaan OS Windows 32 bit dan 64 bit ? Jika sudah jangan sampai salah beli saat ingin install ulang komputer anda atau saat ingin membeli komputer yang baru. Jangan lupa juga untuk disesuaikan dengan kebutuhan sehari-hari saat membeli komputer yang baru.

Terima kasih


Apa Perbedaan OS Windows 32 bit dan 64 bit? Ini Dia!
Baca di Sumber Artikel.

Apa Perbedaan OS Windows 32 bit dan 64 bit? Ini Dia! | Admin | 4.5