advertisement

Motorola Lapdock, Laptop Murah dengan Jeroan Raspberry PI Zero

By On Friday, February 26th, 2016 Categories : Computer

PalingPopuler.Com mengabarkan tentang Motorola Lapdock, Laptop Murah dengan Jeroan Raspberry PI Zero.

Raspberry PI Zero adalah sebuh single board murah dengan harga di bawah 100 ribu Rupiah yang dapat dijadikan sebagai desktop berdaya rendah jika Anda ingin menghubungkan keyboard, mouse dan layar eksternal. tetapi bagaimana jadinya jika komputer kecil ini dijadikan sebagai otak suatu laptop?

lapdock-pi-laptop-590x330

advertisement

Ya, merakit suatu laptop ternyata dapat dilakukan dengan bagian-bagian sederhana dengan biaya yang tidak terlalu tinggi. Hal ini sudah dibuktikan oleh seseorang yang berhasil menyematkan Raspberry PI Zero ke dalam Lapdock hingga menjadi suatu perangkat laptop seperti umumnya, seperti yang dilaporkan Liliputing, (27/1/2016).

Motorola Lapdock memang nampak suatu notebook compact, tetapi sebenarnya itu hanyalah suatu cangkang atau casing. Produk itu pertama kali diluncurkan oleh Motorola pada tahun 2011 untuk menyebabkan pengguna dapat menggunakan perangkat mobile seperti ponsel cerdas agar dapat memiliki fungsi seperti notebook. tetapi sayangnya perusahaan menghentikan penjualan Lapdock sekitar setahun kemudian.

pi-lapdock-590x330

advertisement

tetapi belakangan ini produk itu kembali populer ketika banyak orang memiliki kabel Raspberry PI, MK802 dan komputer mini lainnya. sebab berbekal perangkat itu, seseorang dapat menjalankan OS Android maupun Linux dengan biaya murah sebab merakitnya sendiri.

Salah satu persoalan yang sering dihadapi ketika merakit PC menggunakan mini PC ialah banyaknya kabel-kabel yang untuk menyambungkan beberapa perangkat. tetapi Raspberry PI adalah single-board yang sangat kecil dan praktis, oleh sebab itu menyebabkan masuk ke dalam case apapun dengan sedikit modifikasi.

 

Raspberry PI Zero (Kredit: Telegraph)
Raspberry PI Zero (Kredit: Telegraph)

Motorola Lapdock bisa didapatkan di situs e-commerce terkemuka seperti Amazon dan eBay. tetapi yang perlu dicatat, harga Lapdock kini tak semurah dulu lagi. Anda bisa mendapatkannya mulai dari harga $80 atau skitar 1 juta rupiah yang membuat Anda berfikir, lebih baik membeli suatu laptop baru.

tetapi bagi Anda yang memiliki Lapdock atau case laptop tua, dapat langsung merakit laptop murah menggunakan Raspberry PI Zero yang hanya dibanderol sekiar 70 ribu Rupiah. disamping itu, Anda juga membutuhkan dua kabel, micro USB ke USB OTG dan mikro HDMI perempuan ke HDMI.

Memang notebook rakitan menggunakan Raspberry PI Zero yang notabene hanya memiliki prosesor broadcomm tidak akan menandingi perangkat Surface dari Microsoft. tetapi cukup untuk melakukan browsing dan menonton beberapa video beresolusi 1080p. Untuk tutorial yang lebih lanjut, bisa mengunjungi situs berikut.

(rez)

Motorola Lapdock, Laptop Murah dengan Jeroan Raspberry PI Zero
sumber : beritateknologi.com

Motorola Lapdock, Laptop Murah dengan Jeroan Raspberry PI Zero | Admin | 4.5